Download Skripsi Ilmu Komputer: Sistem keamanan email

Advertisement

BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1  Latar Belakang

E-mail sudah digunakan orang sejak awal terbentuknya internet pada sekitar tahun 1969 dan merupakan salah satu fasilitas yang ada pada saat  itu. Sesuai dengan perkembangan internet, penggunaan email ini juga semakin membesar walaupun pada saat ini persentasinya sudah turun karena adanya sebuah fasilitas baru di internet yang dikenal sebagai Web.  Salah satu alasan kenapa email dipakai orang karena memberikan cara yang mudah dan cepat dalam mengirimkan sebuah informasi. Selain itu dengan email dapat juga informasi yang ukurannya kecil sampai ke file yang ukurannya besar.

Namun sifat e-mail yang memanfaatkan penghantar elektronik tak sepenuhnya dimaksudkan sebagai  medium pribadi karena  menyimpan potensi bahaya  penyalah gunaan yang bukan saja menjengkelkan tetapi juga dapat bersifat fatal.

Ketika kita mengirimkan suatu e-mail, maka e-mail tersebut disampaikan ke suatu sistem komputer yang mungkin kita tidak mengetahui administratornya. Dari komputer tersebut disampaikan  ke sistem komputer lain, dan yang lainnya, dan lainnya, sampai  kepada penerima yang dituju. Pada beberapa link di rantai ini, e-mail kita dapat dibaca oleh siapa saja yang diinginkan system administrator  , atau oleh suatu biro penyelidikan yang sedang  mencurigai suatu aktivitas kejahatan, atau berbagai kemungkinan lainnya. Tetapi secara ringkasnya adalah ketika kita mengirimkan suatu e-mail, kita tidak mengetahui siapa yang membaca pesan itu, penerima yang diharapkan ataupun barangkali orang lain.

Kerahasiaan email terancam bukan oleh para hacker, melainkan para system administrator sendiri. Para system administrator terkadang bosan tidak tahu apa yang harus dikerjakan selain membaca-baca email orang. Mereka dapat melakukannya tanpa sedikit pun meninggalkan jejak. Cara mengatasi hal ini adalah dengan mengenkripsi email anda. GNU Privacy Guard (GnuPG, atau GPG) adalah sistem enkripsi key public. Program ini di instal pada semua mesin DICE Linux. GnuPG adalah suatu re-implementasi GNU dari program  PGP (Pretty Good Privacy) Phil Zimmerman’s, memenuhi spesifikasi OpenPGP, Zimmerman yang pertama menulis dan mendistribusikan PGP.

 

1.2 Maksud dan Tujuan

Tulisan ini disusun dengan maksud:

  1. Memberikan informasi kepada para pembaca mengenai teknologi enkripsi E-mail dalam usaha untuk menghindari pembacaan E-mail oleh yang tidak berhak.
  2. Memberikan wacana tentang sekuriti e-mail open source dengan GNU Privacy Guard (GnuPG, atau GPG); suatu standard bagian dari Red Hat, Mandrake, Debian, Slackware, Suse, Freebsd dan lainnya.

 

1.3 Rumusan Masalah

 

Kerahasiaan email terancam bukan oleh para hacker, melainkan para system administrator-nya  sendiri yang iseng dengan membaca email orang lain. Mereka dapat melakukannya tanpa sedikit pun meninggalkan jejak. Cara mengatasi hal ini maka untuk mendapatkan jaminan kerahasiaan di dalam pengiriman email maka perlu menggunakan program aplikasi yang  menjanjikan keamanan yang lebih baik.  Software open source dapat dijadikan alternatif  karena paling tidak memungkinkan para ekspert di luar perusahaan penyedia sistem tersebut untuk memeriksa secara lebih seksama dan menyeluruh.

 

1.4 Pembatasan Masalah

Untuk memberikan penekanan khusus sesuai dengan judul tugas ini maka  dilakukan pembatasan pada penulisan dokumen ini:

  1. Pembahasan tentang tata cara pengiriman e-mail
  2. Pembahasan tentang sistem Public Key Criptografi
  3. Sistem sekuriti email dengan menggunakan Gnu Privacy Guard, cara instalasi, contoh penggunaan command line.

 

1.5 Sistematika Penulisan

Penulisan dokumen ini disusun dalam beberapa bab, dimana tiap bab dapat dibaca sebagai satu kesatuan informasi tanpa perlu tergantung pada bab sebelumnya. Sehingga pembaca dapat membaca informasi dari bab tertentu saja. Adapun sistematika  penulisannya disusun sebagai berikut:

Bab I Pendahuluan berisi latar belakang, maksud dan tujuan, rumusan masalah, pembatasan masalah, dan sistematika penulisan ini sendiri. Bab ini memberikan gambaran umum mengenai isi dari dokumen.

Bab II membahas seputar email dan metoda sekuriti yang digunakan

Bab III analisis masalah yang berhubungan dengan perlunya sekuiti email

Bab IV kegunaan GPG sebagai salah satu software sekuriti open source yang handal dan contoh cara penggunaanya

Bab V Penutup berisi kesimpulan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bab II

SURAT ELEKTRONIK DAN SEKURITI

2.1 Definisi

Layanan paling populer di Internet adalah Electronic Mail atau orang sering menyingkatnya menjadi e-mail. Jika kita mempunyai program client e-mail misalnya Eudora dan memiliki akses kelayanan e-mail, maka dapat mengirim e-mail ke setiap orang yang alamat e-mailnya kita ketahui.

Alamat e-mail merupakan gabungan dari nama user dan domain name ; user@ domainname. Misalnya susan @kampoeng.com. Untuk mengirim  e-mail kepada seseorang maka harus membuat pesan terlebih dahulu. Pesan e-mail biasanya terdiri atas teks, namun dapat juga berisi file biner-seperti gambar grafis dan program. Pesan tersebut meliputi : nama dan alamat yang dituju, teks isi pesan. Pesan itu akan disampaikan melalui satu host ke host yang lain hingga mencapai tujuan, untuk lebih jelasnya diuraikan di bagian selanjutnya.

Tidak mudah untuk menyadap sebuah pesan e-mail, tetapi itu hal yang mungkin, untuk alasan inilah beberapa orang mengenkripsi pesan mereka agar tidak seorangpun kecuali penerima yang bisa membacanya.

2.2 Sistem Pengiriman Email Pada Linux

Di bawah ini dijelaskan secara singkat sistem e-mail yang umum pada sistem Unix/Linux. Pada sistem Linux proses pengiriman dan penerimaan mail melibatkan beberapa proses. Pengiriman sendiri akan memanfaatkan protokol seperti SMTP atau UUCP ; protokol dalam berkomunikasi email, misalnya SMTP (Simple Mail Transport Protocol) yang bekerja di port 25. Protokol ini hanya bekerja untuk berkomunikasi dengan server mail remote, tidak untuk server lokal.

Sedangkan pengguna dapat membaca e-mailnya menggunakan protokol POP. Setiap pengguna memiliki ‘mailbox’ pada mail server. Di tempat inilah mail yang ditujukan kepada pengguna tersebut disimpan. Di sini komponen mail server bisa dipasang sesuai kebutuhan.

Download File Skripsi PDF

Advertisement
Download Skripsi Ilmu Komputer: Sistem keamanan email | raseco | 4.5